WELCOME.....

WELCOME.....
^^

Sabtu, 26 Februari 2011

Pahlawan Nasional Favoritku

Hai hai hai...!!
Lagi pengen nulis nih,, jadi ya nulis... :)
Biasanya kan anak-anak nge-fans nya sama pahlawan2 luar negri, lhah padahal, buanyaaaakkkk banget pahlawan lokal dari negara sendiri yang hebat-hebat... Nah, pernah suatu kali aku disuruh buat biografi tentang pahlawan nasional favoritku.. Pengennya nulis tentang Soekarno, tapi dah banyak temen sekolahku yang booking beliau... hehehe,,, saking bingungnya aku muter2 internet cari pahlawan, terbesit rasa keingintahuanku (ceileh, bahasanya!) tentang Martha Cristina Tiahahu, dan menurut pencarianku,, inilah biografi si M.C Tiahahu :
Nama lengkap : Martha Christina Tiahahu
TTL : Nusa Laut, Maluku, 4 Januari 1800
Meninggal : Laut Banda, Maluku, 2 Januari 1818 (umur 17 tahun)
Nama Orangtua :
- Ayah : Kapitan Paulus Tiahahu (kapitan dari negeri Abubu yang juga pembantu Thomas Matulessy dalam perang Pattimura tahun 1817 melawan Belanda.)
- Ibu : -
Jasa-jasa :
Martha Christina Tiahahu adalah seorang gadis dari Desa Abubu di Pulau Nusalaut. Dia tercatat sebagai seorang pejuang kemerdekaan yang unik yaitu seorang puteri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam perang Pattimura tahun 1817. Di kalangan para pejuang dan masyarakat sampai di kalangan musuh, ia dikenal sebagai gadis pemberani dan konsekuen terhadap cita-cita perjuangannya.
Martha Christina memulai perjuangannya sejak umur 17 tahun, mendampingi ayahnya dalam perang. Martha Christina awalnya membantu perjuangan di daerah sekitar kepulauan Maluku (seperti di Pulau Nusalaut dan Pulau Saparua)sebelum akhirnya dia di tangkap oleh penjajah karena berusaha melepaskan ayahnya dari hukuman mati. Martha Christina lalu dibawa dan diasingkan ke pulau Jawa.
Di Kapal Perang Eversten, Martha Christina Tiahahu menemui ajalnya dan dengan penghormatan militer jasadnya diluncurkan di Laut Banda menjelang tanggal 2 Januari 1818. Menghargai jasa dan pengorbanan, Martha Christina dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar... :)