WELCOME.....

WELCOME.....
^^

Minggu, 31 Oktober 2010

teks drama bertema kebudayaan

Setting menunjukan sebuah kursi taman panjang.
(Seorang gadis bernama Anindita duduk termenung di kursi taman. Lalu datanglah seorang gadis berjalan di depannya. Tiba-tiba, dompet si gadis yang bernama Dita Kusuma ini terjatuh. Anindita memungutnya dan memberikannya pada Dita Kusuma.)

Kusuma = (menerima dompetnya) “Makasih.”
Anin = (tersenyum) “Sama-sama”
Kusuma = “Dari tadi gue lihat loe sendirian aja. Gue boleh duduk sini kan? (duduk)
Anin = “Oh, aku anak baru di sini. Jadi belum begitu kenal kota ini.”
Kusuma = “Oh, ya? loe anak baru? Sama dong sama gue! Gue juga baru pindah kesini. Kebetulan aja lagi jalan-jalan di taman ini.”
Anin = “Oh.”
Kusuma = “Nama gue Dita!”
Anin = “Ha? Namaku Dita juga!!”

Tiba-tiba datanglah seorang gadis berlari ke arah kedua anak tersebut. Gadis ini bernama Dita.

Dita = (berteriak sambil menghapus keringatnya) “Copeeeettt….!! Copet..!!”

Anin dan Kusuma mencari-cari copet yang dimaksud Dita. Dita lalu menghampiri mereka dan mereka pun berdiri.

Dita = “Kalian lihat copet lewat sini ndak?”
Anin+Kusuma= (menggeleng)
Dita = “Sarden! Tadi bukane malinge lari ke sini?”
Kusuma = “Enggak kok! Dari tadi sepi-sepi aja. Nggak ada copet.”
Dita = (duduk di bangku dan menghela napas) “Ah, padahal ada barang sing pueeentiiing banget di dalam tas yang dicopet tu copet! Edan!”
Anin = “Semoga cepat ketemu ya!”
Dita = “Iya, makasih. Eh, aku boleh duduk sini ndak? Capeke!”
Anin = (tersenyum) “Tentu, kamu dari tadi juga sudah duduk sini.”
Dita = (tersenyum balik) “Halo, aku Dita!”
Anin+Kusuma= (kaget)
Kusuma = “Nama loe Dita juga?! Waduh..”
Anin = “Padahal namaku Dita dan ini…”
Kusuma = (memotong) “…Dita juga.”
Dita = “Bagus no! Kan malah jadi triple Dita..he he..”

Lalu datanglah seorang penjual koran menghampiri ketiga gadis yang sedang tertawa ini. Gadis penjual koran ini bernama Purbadita. Dia berniat menawarkan koran kepada Kusuma, Anin, dan Dita.

Purbadita = “Maaf, Mbak. Mau beli koran saya nggak?”
Anin = “Oh, tolong korannya satu, Mbak!”
Purbadita = (memilihkan koran) “SoloPos lho mbak. Tapi kalau mau juga ada Jawa Pos, Suara Merdeka…”
Anin = “SoloPos nya saja satu. Berapa?”
Purbadita = “Dua ribu.”
Anin = (menerima koran dan menyerahkan uang) “Ini.”
Kusuma = (melihat topi yang di pakai Purbadita yang bertuliskan “DITA”) “Maaf. Yang di topi itu nama loe?”
Purbadita = “Iya.”
Kusuma = “Jadi nama loe Dita?”
Purbadita = “Iya.”
Anin,Kusuma,Dita = (tertawa) Hahaha,, berarti sekarang jadi kwarto Dita dong..Hahaha”
Purbadita = (bingung) “Lho, kenapa? Nama saya lucu ya?”
Dita = “Dudu! Dudu ngono…hahaha”
Kusuma = “Kan nama kita bertiga sama-sama Dita, trus nama loe juga Dita. Hehe”
Purbadita = “Wah, kebetulan sekali!” (tersenyum lalu mendesak-desak teman barunya agar bisa duduk di bangku) “Kalian bertiga masih mau di sini?”
Anin = “Kenapa memangnya?”
Purbadita = “Nggak jauh dari sini ada SBC lho..”
Kusuma = “Apa tuh SBC?”
Purbadita = “Masa nggak tahu? Solo Batik Carnival.”
Kusuma = “Oh, maklum lah gue kan anak baru di sini. Gue baru aja pindah ke sini dari Jakarta.”
Anin = “Aku juga baru. Kalau aku dari Pontianak.”
Dita = “Weh, aku juga baru pertama kali ke Solo. Aku mengunjung Nenekku. Aku dari Boyolali.”
Purbadita = “Waduh! Kalo begitu, untunglah diriku!” (berdiri) “Nona-nona, Selamat datang di Purba TourGuide keliling Surakarta! Saya Purbadita, pemandu wisata anda. Silahkan persiapkan keperluan tour anda sebelum kita memulai perjalanan terhebat sepanjang sejarah!” (berlagak seperti pemandu wisata)
Anin,Kusuma,Dita= (tertawa melihat ulah kawan barunya)
Purbadita = “Tujuan pertama kita adalah Solo Batik Carnival.”

Lalu, keempat gadis ini pergi ke SBC. Sepanjang perjalanan mereka mengobrol tentang daerah asal mereka masing-masing.

Dita = “Ngomong-ngomong, kita kan sama-sama Dita. Aku manggil kalian apa? Masa Dita1, Dita2..hehe”
Kusuma = “Kan nama gue Dita Kusuma. Panggil aja Kusuma.
Anin = ”Kalo aku bisa dipanggil Anin”
Purbadita =”Masa aku dipanggil Purba ?!”
Dita =”Ya Purba aja, bagus lho !”
Kusuma =”Kalo di Jakarta,gue sering banget liat pertunjukan macam gini,kan rumah gue deket sama TMII.”
Anin = “Di Pontianak,aku juga sering liat pertunjukan,tapi nggak kayak gini. Biasanya aku lihat tari . . .,bagus lho! Iringannya pakai Sampek ,aku jago lho main Sampek.”
Kusuma = ”Oh ya,kalo loe jago main Sampek, gue jago main seruling. Gue ikut grup Gambang Kromong di sekolah, sebagai pengiring ondel-ondel.”
Dita = ”Jadi, Anin jago main sampek, dan Kusuma jago main seruling.”
Purbadita = ”Di Solo, tentunya, terkenal dengan gamelan dan batiknya. Sering banget aku lihat pertunjukan kebudayaan disini.”
Dita = ”Di Boyolali, walaupun kelihatannya miskin kebudayaan, tapi sering lho diadakan pelestarian kebudayaan, Aku pernah ikut lomba macapat dan menang”
Anin =”Apa itu macapat?”
Dita =”Macapat itu tembang Jawa, yang jumlahnya ada 11 tembang. Selain itu disana orang-orang juga suka menonton wayang.”
Purbadita =”Hei,apakah kalian tahu baju-baju yang dipakai oleh para peserta SBC ini,bisa dari kreasi mereka dan bisa juga dari bahan-bahan bekas,jadi mengehemat biaya.Selain itu dengan acara seperti ini,masyarakat bisa lebih mengenal budaya kota sendiri dengan baik,selain itu juga untuk melestarikan budaya.Banyak sekali budaya di Kota Solo seperti ini,kapan2 akan kutunjukkan seperti tarian,wayang di Sriwedari,pertunjukkan musik gamelan,tempat bersejarah dan lainlainnya. Nona-nona, ini dia Solo Batik Carnival”
Kusuma =”Wah, ceeepeetnyaaa!”
Anin =”Wow, ramainyaa. Eh, ternyata model bajunya bagus-bagus!!”
Dita =”Ayo kita cari tempat biar bisa lihat dengan jelas!”
(Mereka serempak mengatakan “Ayo”)

4 komentar:

  1. ini teks drama kelumpokku dalam tugas bahasa indonesia.
    aku jadi dita, vanya jadi purbadita, yorri jadi kusuma, dan kesia menjadi anin..

    BalasHapus
  2. wah, ternyata namaku di pakai yah.. hahahaha...
    padahal aku pikir namaku satu2nya di dunia ini.. hehehe..
    salam kenal, namaku Agatha Purbadita (cari aja FB ku.. ;D)

    BalasHapus
  3. Eh.. boleh minta teksnya gak..?
    Bwt tugas seni budaya..
    Pliss.. deadline 2 hari lagi.. bolehh ya?

    BalasHapus
  4. aduhh,,, sorii..
    lama nggak buka komentar,,
    buat purbadita : iya, eh, namamu mirip nama temenku yang kukira satu2nya juga.. :) blognya : www.evanyavsad.blogspot.com
    buat affikk : sori telat. tentu aja boleh.. :)
    sori yaaa...!!

    BalasHapus

silahkan berkomentar... :)